Latest News

Resep Cara Membuat Nasi Kuning

NASI KUNING

Nasi kuning merupakan nasi khas indonesia yang selalu disajikan saat acara tertentu, oleh karena itu pembuatan nasi kuning juga bisa di bilang gampang gampang susah. Nasi kuning juga termasuk dalam warisan budaya kuliner sepanjang masa di indonesia. makanan yang sering disebut sebagai nasi tumpeng cara membuatnya yang tebilang cukup mudah dan juga prosesnya cepat. nasi kuning juga biasanya lebih enak dimakan untuk sarapan pagi ditambah telur sambal merah dan kerupuk membuat pagi anda lebih bersemangat apalagi jika sambil minum susu hangat ataupun air putih pun sudah terasa nikmat

ada berbagai jenis nasi di indonesia dan yang paling unik adalah nasi kuning. keunikan dari nasi kuning paling mencolok terlihat pada warnanya. kuning mengkilap adalah ciri khas yang tidak dapat ditemukan dinasi lainya. selain itu rasa yang tidak biasa dengan ciri khas bau harum daun pandan membuat nasi kuning semakin digemari oleh para ibu ibu.

bagi anda yang menyukai nasi kuning bisa mencoba resep nasi kuning di bawah ini, caranya cukup simpel mulai dari bahan dan cara membuatnya sudah dapat dilakukan oleh kebanyakan ibu ibu dirumah. tidaklah heran jika orang yang baru belajar masak pun bisa memasak nasi kuning karena cara membuatnya tidak beda dengan nasi nasi yang lain. buat anda para ibu ibu yang gemar memasak bisa sekali kali mencoba membuat resep nasi kuning tanpa harus memesan terlebih dahulu ataupun membeli yang sudah jadi.

Bahan:
 100 gr beras ketan, rendam semalaman
·         1 lt beras, cuci, tiriskan
·         10 cm serai, memarkan
·         2 lembar daun salam
·         3 lembar daun jeruk, remas remas
·         Garam secukupnya
·         1 sdm air jeruk nipis
·         1 cm kunyit
·         750 ml santan

Cara membuat:
1.       Rebus beras bersama semua bahan lain sampai menjadi aron sambil diaduk aduk, diangkat
2.       Aduk aron agar butiran aron tidak menempel
3.       Kukus selama 30 menit, angkat
4.       Aduk sampai asap berkurang
5.       Buang daun jeruk, daun salam dan serai
6.    Siap disajikan, jika ingin berbentuk tumpeng, masukkan pada cetakan tumpeng, tekan tekan, dan ditaambah hiasan untuk mempercantik tampilan.

Note: bernama nasi kuning karena berwarna kuning. Biasa disajikan berbentuk tumpeng untuk acara syukuran. Misalnya 17 agustus, ulang tahun, kelulusan, kenaikan jabatan, dan lain lain. Sajikan bersama dengan tempe kering, urap kering, ayam goreng, telur, dan ikan asin. Sekian resep masakan untuk nasi kuning diharapkan selalu untuk menjaga kesehatan kita, karena kesehatan adalah segala galanya dan juga kesehatan mahal harganya. Usahakan makan makanan yang sehat dan selalu menjaga pola makan yang baik agar hidup kita menjadi lebih bermakna.


0 Response to "Resep Cara Membuat Nasi Kuning"